Home » » Fungsi Mouse yang Terabaikan

Fungsi Mouse yang Terabaikan

Friday, March 29, 2013 | 0 comments

Sebelumnya saya pernah posting "Cara Menggunakan Mouse yang Baik dan Benar", kali ini saya akan berbagi mengenai fungsi mouse yang jarang digunakan oleh pengguna komputer. Sebenarnya fungsi ini cukup simpel namun cukup berguna untuk mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari.

Saya tidak akan menjelaskan semua fungsi mouse secara penjang lebar, karena saya yakin Anda sudah tahu banyak. Langsung saja simak penjelasannya.
  1. Membuka link dengan tombol scroll (scroller) - Jika ingin membuka link di tab baru, biasanya orang melakukan klik kanan lalu memilih opsi 'Open Link in a New Tab', padahal ada cara lebih simpel yaitu dengan menekan tombol scroll pada link tersebut.
  2. Hampir sama dengan fungsi di atas, untuk membuka sebuah link di tab baru, tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard kemudian klik link yang ingin dibuka.
  3. Zoom in/Zoom out (Perbesar/Perkecil) ukuran windows dengan mouse - Saya yakin Anda sedang membaca tulisan ini dengan ukuran zoom normal. Sekarang coba Anda tekan dan tahan tombol ctrl sambil memutar scroll ke atas/bawah. Ini juga bisa dilakukan dengan menekan tombol ctrl sekaligus dengan tombol - atau +. Untuk kembali ke ukuran zoom normal bisa dilakukan dengan menekan tombol ctrl dengan angka 0.
  4. Scroll otomatis dengan tombol scroll - Tekan tombol scroll pada mouse kemudian pindahkan cursornya, halaman yang sedang Anda lihat akan melakukan scroll otomatis sesuai arah cursor.
  5. Seleksi otomatis pada teks (auto select) - Jika Anda klik dua kali (berturut-turut) pada sebuah kata dalam artikel ini, otomatis windows akan mengeblok satu kata tersebut. Sekarang coba klik tiga kali berturut-turut, maka yang diblok adalah seluruh paragraf bukan?
  6. Mengganti nama sebuah folder - Klik dua kali pada sebuah folder (jangan terlalu cepat) untuk mengganti nama folder tersebut. Klik satu kali untuk memilih folder itu, lalu klik satu kali lagi di bagian label nama folder untuk mengganti nama folder tersebut.
  7. Restore dan Maximize ukuran windows dengan double klik pada title bar.
  8. Drag and drop. Sebenarnya fitur ini sudah umum digunakan orang, tapi saya ingatkan lagi karena fitur ini bisa lumayan menghemat waktu. Caranya klik dan tahan pada sebuah file/folder kemudian pindahkan ke tempat yang Anda inginkan, maka file/folder tersebut otomatis akan dipindahkan saat Anda melepaskan klik. 
Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Related Post:

Share This Article :

0 comments:

Post a Comment

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, mohon maaf bila komentar anda tidak di balas.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA, dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SURYA COMMUNITY SEVEN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger